Sekilas tentang Tumor (Myoma) Rahim

Januari 24, 2008

Masih teringat kita akan kasus tumor besar sampai seberat 10 kg yang diderita seorang ibu di Aceh utara dan menurutnya dirasakan lebih dari 10 tahun silam, hikmah apa yang bisa kita ambil dari kasus tersebut dan mungkinkah kita bisa mengetahui bila kasus tersebut lebih awal dan sikap yang sebaiknya diambil bila seseorang terkena kasus tersebut.

Myoma uteri merupakan tumor jinak rahim yang sedikit unik karena tumor ini tidak ditemui pada wanita yang belum masuk pubertas, dan sangat jarang tumbuh menjadi besar pada wanita menopouse, tumor ini umumnya menyerang kelompok wanita usia 30 tahunan, kemunculan tumor ini sering dihubungkan dengan stimulasi hormon estrogen terhadap rahim. Perihal penyebab pasti terjadi tumor mioma belum diketahui. Mioma uteri mulai tumbuh dibagian atas (fundus) rahim dan sangat jarang tumbuh dimulut rahim. Bentuk tumor bisa tunggal atau multiple(banyak), umumnya tumbuh didalam otot rahim yang dikenal dengan intramural mioma. Tumor mioma ini akan cepat memberikan keluhan, bila mioma tumbuh kedalam mukosa rahim, keluhan yang biasa dikeluhkan berupa perdarahan saat siklus dan diluar siklus haid. Sedangkan pada tipe tumor yang tumbuh dikulit luar rahim yang dikenal dengan tipe subserosa tidak memberikan keluhan perdarahan, akan tetapi seseorang baru mengeluh bila tumor membesar yang dengan perabaan didaerah perut dijumpai benjolan keras, benjolan tersebut kadang sulit digerakkan bila tumor sudah sangat besar.


Keluhan-keluhan yang sering dijumpai pada kasus mioma.


1.
perdarahan pervaginam

2. keluar cairan dari vagina ,

3. nyeri perut,

4. rasa perut tertekan,

5. dan merasakan benjolan keras di perut.

Perdarahan terjadi karena posisi tumor didaerah endometrium yang banyak akan pembuluh darah, atau semakin meluasnya permukaan pembuluh-pembuluh darah akibat massa tumor mioma intramural. Kadang kala pada kasus perdarahan hebat penderita mioma bisa menjadi anemi yang membutuhkan transfusi darah. Tentang keluhan adanya cairan keluar dari vagina akibat adanya bendungan aliran darah di pelviks dan proliferasi di garis endometrial. Cairan yang keluar bisanya keputihan tidak berbau kecuali terjadi degenerasi massa tumor sehingga berubah dalam hal warna dan baunya.

Rasa nyeri mioma bisa akibat mioma sendiri akibat gangguan suplai pembuluh darah, sehingga jaringan tumor menjadi nekrosis atau masa tumor bertangkai yang terpelintir seperti pada mioma subserosa.

Kenapa tumor mioma ini lambat diketahui seperti kasus yang dialami ibu dari Aceh utara tersebut? Ada beberapa alasan yang membuat lambatnya terdiagnosa kasus tersebut, pertama jenis tumornya yaitu mioma submukosa (diluar otot rahinm) yang tentu tidak ada keluhan perdarahan pervaginam, kedua karena ibu gemuk sehingga tidak merasakan adanya benjolan diperut. Selain faktor diatas tadi juga berpengaruh tingkat pendidikan dan sarana kesehatan yang tersedia.

Tindakan apa yang harus diambil? Perlu diingat mioma uteri adalah tumor jinak rahim, sehingga jangan terlalu panik. Masalah mulai ada bila terjadi perdarhan banyak,yang membuat ibu menjadi lemas, adanya nyeri hebat di perut, massa tumor yang semakin besar dan adanya ketidak suburan.

Operasi pada tumor mioma berupa pengangkatan massa tumor saja atau mengangkat tumor dan seluruh otot rahim. Secara umum dilakukan operasi miomektomi(pengangkatan tumornya saja) bila seseorang yang masih mengiginkan fungsi reproduksi dipertahankan atau operasi pengangkatan rahim(histerektomi) bila usia ibu sudah menopause, atau keluhan perdarahan hebat. Pada masa lalu pengangkatan tumor mioma dilakukan bila mioma telah sebesar rahim saat usia hamil 12 minggu tanpa mempertimbangkan keluhan seseorang. Pada keadaan tertentu diberikan obat sejenis gonadotropin hormon, yang bertujuan meredam membesarnya tumor tersebut

Apa yang terjadi bila mioma uteri tidak diatasi?, Walaupun Mioma itu tumor jinak akan tetapi bila diabaikan saja tidak baik karena ada peluang berubah menjadi suatu keganasan,yaitu menjadi leiosarkoma, degenerasi hyalin,degenerasi kistik, dan kalsifikasi.

Mengingat kasus kasus tumor masih banyak terjadi di masyarakat luas maka sebaiknya para wanita yang telah dewasa dianjurkan periksa ke dokter atau puskesmas bila menstruasi tidak teratur atau datang diluar siklus haid, ada keluar cairan pervaginam diluar kebiasaan, ada benjolan keras dan nyeri hebat di perut. Pengololaan tumor mioma relatif mudah bila diketahui dini dan komplikasi pasca operasi bisa ditekan atau dihindari.

About these ads

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: